Eksistensi Bisnis Peralatan Drumband Di Indonesia

Pengrajin DrumbandDrumband merupakan salah satu seni musik yang melibatkan berbagai unsur di dalamnya. Unsur itu terdiri dari instrumen musik dan visual. Pada awalnya drumband dimainkan masyarakat hanya sebagai sarana hiburan sampai kemudian merambah dan sampai kemudian merambah ke lingkungan militer. Hal ini terlihat sampai sekarang dengan atribut yang digunakan oleh para pemainnya dan juga gerakan-gerakan yang diperagakan oleh pemain drumband. Drumband biasanya sering kita jumpai untuk memeriahkan acara-acara festival kesenian ataupun festival kebudayaan. Dewasa ini drumband tidak hanya di pertunjukan untuk memeriahkan sebuah acara saja, namun juga diperlombakan. Banyak sekali perlombaan drumband yang dimulai dari daerah sampai tingkat nasional bahkan International. Pertunjukan drumband akan terlihat menarik karena melibatkan hampir seluruh instrumen musik. Dengan pesatnya perkembangan seni drumband tentu akan memberi peluang usaha bagi pengrajin drumband Untuk menciptakan peralatan drumband

Peluang Usaha Yang Besar Menciptakan Peralatan Drumband

Dengan pesatnya perkembangan seni drumband membuat peluang usaha tersendiri bagi pembuat alat-alat drumband. Dalam menjalankan usaha mereka, mereka harus mampu menciptakan produk yang berkualitas dan memiliki daya saing di pasaran. Jika mereka tidak mampu menciptakan produk dengan kriteria tersebut tentu akan berpengaruh dengan pendapatan yang akan mereka dapatkan. Keberadaan konsumen juga sangat penting. Biasanya mereka mendapat pesanan peralatan drumband dari sekolah-sekolah dan juga kelompok-kelompok masyarakat pemain drumband. Para pemesan biasanya sudah memiliki pengrajin drumband kepercayaan mereka masing-masing untuk membuatkan produk yang mereka inginkan. Hal ini tentu akan sangat membantu bagi keberlangsungan bisnis para pengrajin. Keberadaan para pengrajin memang saat ini bisa kita temui di beberapa kota di Jawa tengah dan di Jawa timur.

Para pengrajin biasanya memanfaatkan bahan baku pembuatan produk mereka dari luar negeri . hal ini karena keterbatasan dari bahan baku buatan lokal dan juga kualitas bahan baku lokal yang dinilai kurang bagus dari bahan baku import. Bahan baku import juga dinilai lebih murah dengan kualitas yang lebih baik dari bahan baku lokal. Bahan baku import juga dinilai lebih mudah untuk mereka peroleh. Hal ini tentu bisa menekan biaya produksiĀ  peralatan drumband yang mereka ciptakan.

Related posts: