Manfaatkan Rumah Sebagai Indekos Mahasiswa

peluang usahaSuatu pendirian kampus tak jarang berada di dekat kalangan masyarakat yang tentunya terdapat interaksi langsung aktif maupun pasif. Adanya pendirian kampus di sekitar masyarakat tentu melahirkan berbagai macam peluang usaha diantaranya ialah indekos atau yang sering kita dengar dengan panggilan kos-kosan. Indekos atau kos-kosan ini berupa suatu jasa sewa kamar sebagai tempat tinggal dalam kurun waktu tertentu.

Bagaimana Memanfaatkan Rumah Menjadi Indekos?

Rumah merupakan tempat tinggal bagi manusia, tak terkecuali manusia perantau yang menempuh pendidikan. Sebut saja mahasiswa. Letak kampus di seluruh Indonesia yang mayoritas dekat dengan lengkungan masyarakat menjadikan suatu peluang bagi masyarakat untuk menawarkan jasa sewa kamar atau kos dengan waktu tertentu. Terlebih bagi orang yang mempunyai 1 atau lebih tempat tinggal dengan jumlah kamar lebih dari 3. Ini merupakan suatu peluang yang amat besar untuk ditawarkan kepada para mahasiswa khususnya mahasiswa baru untuk tinggal dilingkungan tersebut. Lalu bagaimana agar menjadikan rumah Anda menjadikan pilihan para mahasiswa untuk dijadikan tempat tinggalnya?

Rumah yang tidak ditempati dan memiliki banyak kamar saja bukan merupakan poin khusus untuk menjadikan tepat kos para mahasiswa. Berbagai persiapan juga perlu dilakukan untuk meningkatkan daya tarik. Berikut adalah persiapan yang harus dilakukan untuk menjadikan rumah menjadi tempat kos.

  1. Menata Ruangan

Ruangan yang dimiliki dalam rumah ditata sedemikian sehingga menjadi suatu tatanan yang menarik, rapi serta nyaman.

  1. Mengecat Ulang Dinding

Rumah yang kosong maupun isi tetapi mempunyai banyak sekali kamar kosong dapat dijadikan tepat kos dan menjadi daya tarik dengan mengecat ulang dinding rumah tersebut. Cat yang digunakan baiknya ialah cat yang memiliki perpaduan yang elegan.

  1. Melengkapi Fasilitas Kamar

Kamar sebagai objek utama harus dilengkapi dengan perabotan kamar yang umum dan nyaman, seperti kasur bantal dan guling, lemari, meja dan kursi.

  1. Toilet/kamar Mandi yang nyaman

Poin keempat ini memang sangat sensitif baik pria maupun wanita. Kamar mandi menjadi suatu tolak ukur apakah rumah itu bersih atau tidak.

  1. Fasilitas Tambahan

Fasilitas tambahan yang perlu dipersiapkan sebagai nilai tarik tersendiri ialah WIFI, TV, Kulkas, Mesin Cuci dan CCTV. WIFI merupakan suatu hal utama bagi para mahasiswa, karena sebagai pendukung internet dalam mengerjakan tugas kampus. TV merupakan media hiburan. Mesin cuci dan kulkas merupakan fasilitas yang tidak wajib karena fasilitas yang amat bagus apabila dilengkapi dengan mesin cuci dan kulkas. Serta CCTV, merupakan hal penting karena untuk mendeteksi siapa saja yang keluar masuk dalam kos dan mengantisipasi bila ada suatu kehilangan.

Related posts: